Indonesia: Akankah Benar-benar "Merdeka"?

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., dilakukan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 08 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

Begitulah, naskah proklamasi yang dikumandangkan Soekarno 67 tahun silam. Dengan hari, tanggal, dan bulan yang sama, naskah tersebut akan terdengar lagi di tahun ini, yaitu hari Jumat, tanggal 17 Agustus. Melihat umur Indonesia yang sudah tidak muda lagi, seharusnya Indonesia sudah mengalami berbagai situasi dan kondisi yang menjadikan dirinya lebih dewasa.
Namun malihat hal tersebut, sepertinya Indonesia masih belum dewasa. Indonesia sepertinya masih terjajah seperti dahulu sebelum kemerdekaan diplokamirkan. Bedanya penjajahan Dahulu dengan sekarang adalah dahulu penjajahan terlihat secara nyata dan fisik Indonesia dijajah oleh bangsa asing, kalau sekarang Indonesia terjajah baik secara fisik dan mental, baik terlihat secara nyata terlihat maupun yang tidak terlihat. Indonesia masih terjajah negara asing dan terjajah juga oleh bangsa sendiri. 
Dilihat secara nyata Indonesia masih krisis multidimensional. Indonesia masih memiliki ragam persoalan yang pelik yang terus menerus mengucur semakin deras. Masalah demi masalah datang secara bertubi-tubi, masalah satu belum selesai muncul masalah yang lain, baik dari pemerintah ataupun masyarakatnya.
Dengan jatuhnya hari kemerdekaan di bulan Ramadhan seperti pada saat kemerdekaan Indonesia dicetuskan apakah menjadi suatu pertanda Indonesia akan terlepas dari berbagai masalah? Bangsa Indonesia mendapatkan hak-haknya, pemerintah semakin dewasa dalam berpikir dan bertidka demi kemakmuran Indonesia bersama? Ataukah Indonesia akan tetap tunduk dan terpaku oleh masalah-masalah politik, kepemimpinan, ekonomi, sosial, dan hukum?
Semoga hal yang terjadi adalah Indonesia menjadi suatu negara yang benar-benar "MERDEKA" yang dapat hidup dengan kesejahteraan dan kemakmuran. MERDEKA INDONESIA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Karakter Melalui “Prinsip Good Governance” demi Mencapai “Sila dan Tri Hita Karana”

Negara Indonesia , negeri Pancasila ini telah lama berdiri. Semenjak dibacakannya teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945, bangsa ini t...

Pages