Kepala Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT): Xi Jinping


Xi Jinping merupakan orang yang paling berpengaruh di Tiongkok karena gaya kepemimpinannya yang terkenal tegas saat membela ras Tiongkok. Dalam sejarah hidupnya ia berasal dari keluarga pergerakan yang merupakan partai dominan di RRT yaitu PKT (Partai komunis Tiongkok)  yang tak lain pendirinya adalah ayahnya sendiri yaitu Xi Zhongxun bersama dengan Mao Zedong. Dalam perjalanan di PKT Xi Jinping tidak mengalami jalan mulus meskipun berasal dari keluarga pendiri partai itu. Pada saat Xi Jinping berusia 9 tahun ayahnya terkena masalah karena menerbitkan novel yang di anggap mengintimidasi ‘anti’ PKT dan akhirnya di mutasi ke pertambangan di Louyang. Hingga kemudian saat umur 13 tahun Xi Jinping di cap sebagai putra begundal Reaksioner dan tidak dapat diterima sebagai ‘pasukan pengawal merah’.

Xi Jinping merupakan insinyur teknik kimia dari Universitas Tsinghua dan meraih doctor hokum dari sekolah ilmu sosial dan sastra universitas tsinghua dengan kekhususan mengenai ideologi dan teori marksis serta pendidikan politik. Saat Xi Jinping berusia 16 tahun perekonomian Tiongkok sedang mengalami kekacauan, pemerintah tidak dapat mengentaskan pengangguran. akhirnya Xi Jinping pindah dan tinggal di Koperasi yang merupakan basis perjuangan ayahnya kemudian ia mampu memajukan pertanian di desa tersebut dengan membangun saluran irigasi dan mampu membuat pasokan gas metan untuk rakyat. Akhirnya untuk melengkapi pengabdiannya ia memutuskan untuk bergabung dengan partai komunis meskipun tidak mulus. Setelah itu karirnya mulai melejit ia aktif di partai dan akhirnya menjabat sebagai wakil ketua dan ketua partai di daerah Hebei pada tahun 1979-1985. Pada tahun 1999-2002 Xi menjabat sebagai wakil ketua PKT Fujian dan juga menjadi Gubernur Provinsi Fujian serta wakil ketua Komite Pertahanan Nasional di kawasan militer Nanjing.

Melihat track record karir Xi Jinping yang panjang dan keberhasilan memimpin beberapa daerah dalam kapasitasnya sebagai ketua partai daerah, jabatan presitius yang lebih tinggi dari gubernur, tidak terlihat keraguan masyarakat Tiongkok terhadap kemampuan Xi  memimpin negara. Terlebih dari track recordnya Xi juga bukan sekedar pemimpin partai saat di daerah , tetapi juga pemimpin militer yang berperan penting dalam kehidupan bernegara. Dengan track record pemimpin yang jelas, tidak ada alasan untuk menuduh bahwa Xi naik ke posisi puncak karena ia putra mahkota pendiri partai. Karirnya di bangun dari bawah dan kerja keras.

Xi jinping terkenal dengan antikorupsi dan keterbukaan mengenai pasar politik dan ekonomi pasar di RRT. Ia di percayai oleh banyak untuk memberantas korupsi di Tiongkok. Kemudian ia di angkat menjadi sekertaris partai menggantikan Hu Jintao kemudian kepemimpinan Xi di gunakan untuk memimpin perekonomian RRT. Ia terus melakukan pembangunan dan perubahan untuk masyarakat desa untuk menghadapi iklim global karena ini. Misi utama pihak penguasa Tiongkok adalah memusatkan tenaga pada peningkatan taraf kehidupan rakyat demi secara bertahap merealisasi kemakmuran bersama. Hingga saat ini Tiongkok sudah menjadi kekuatan baru Asia. Karena seluruh barang di Indonesia terutama sudah banyak di kuasai Tiongkok. [Yudha Kuncara]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Karakter Melalui “Prinsip Good Governance” demi Mencapai “Sila dan Tri Hita Karana”

Negara Indonesia , negeri Pancasila ini telah lama berdiri. Semenjak dibacakannya teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945, bangsa ini t...

Pages